PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PADA MURID DISKALKULIA KELAS III DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR
Daftar Isi:
- Erwin. T, 2017. Penggunaan Media Kantong Bilangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Pada Murid Diskalkulia Kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar yang masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”1) Bagaimanakah kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sebelum penggunaan media kantong bilangan?, 2) Bagaimanakah kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sesudah penggunaan media kantong bilangan? dan 3) Apakah media kantong bilangan dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah ”1) Untuk mengetahui kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sebelum penggunaan media kantong bilangan, 2) Untuk mengetahui kemampuan penjumlahan pada murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar setelah penggunaan media kantong bilangan dan 3) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan penjumlahan pada murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar melalui penggunaan media kantong bilangan.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat menggambarkan mengenai kemampuan penjumlahan murid yang analisisnya menggunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah murid diskalkulia kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar yang berjumlah 1(satu) orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis yakni tes penjumlahan bersusun ke bawah. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran kemampuan penjumlahan murid tersebut. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ”1) Kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sebelum penggunaan media kantong bilangan menunjukkan kategori kurang mampu, 2) Kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sesudah penggunaan media kantong bilangan menunjukkan kategori sangat mampu dan 3) Terdapat peningkatan kemampuan penjumlahan pada murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar dari kategori kurang mampu menjadi kategori sangat mampu.”