Daftar Isi:
  • MUHAMMAD SADDAN H 2017. Penggunaan Metode Orton Gillingham Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di SLB Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Bastiana M. Si dan Dra. Tatiana Meidina ,M.Si. Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penggunaan metode Orton Gillingham untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan di kelas III SLB Negeri Makassar. Rumusan masalah adalah “Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan melalui metode Orton Giingham pada anak tunagrahita kelas III di SLB Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri Makassar dengan penggunaan metode Orton Giingham. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah dua orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif data kemudian dianalisis secara kuantitatif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan membaca anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri Makassar sebelum penggunaan metode Orton Giingham masih dikategorikan belum mampu. Setelah penggunaan metode Orton Giingham pada anak tunagrahita mengalami peningkatan kemampuan membaca yakni dapat mengenal huruf, kata dan suku kata. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Orton Giingham pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri Makassar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.