Daftar Isi:
  • Hariba, 2016, Penerapan Teknik Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian pada Murid Cerebral Plasy Kelas Dasar IV di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel Sentra PK-PLK, Skripsi di bimbing oleh Drs. H. Agus Marsidi, M.Si dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah ketidak mampuan murid dalam memahami konsep perkalian satuan dengan satuan dan perkalian puluhan dengan puluhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan berhitung perkalian murid Cerebral Palsy kelas dasar IV di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel Sentra PK-PLK melalui penerapan teknik jarimatika? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung perkalian murid Cerebral Palsy kelas dasar IV di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel Sentra PK-PLK. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden penelitian ini adalah murid cerebral Palsy kelas dasar IV di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel Sentra PK-PLK pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan yang di gunakan adalah, tehnik tes dan dokumentasi berupa foto anak. Kemampuan berhitung perkalian pada murid menunjukkakn bahwa kemampuan berhitung perkalian murid Cerebral Palsy kelas dasar IV di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel Sentra PK-PLK sebelum penerapan teknik tekhnik jarimatika termasuk dalam kategori sangat kurang. Sedangkan setelah penerapan teknik jarimatika murid Cerebral Palsy kelas dasar IV di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel Sentra PK-PLK berada pada kategori baik dan baik sekali. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung perkalian pada murid Cerebral Palsy kelas dasar IV di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel Sentra PK�PLK