PENGGUNAAN KARTU BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PENGURANGAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA
Daftar Isi:
- UUN UTAMI KADIR, 2016. Penggunaan kartu bilangan dalam meningkatkan kemampuan operasi pengurangan pada siswa tunagrahita ringan kelas VI di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang siswa tunagrahita ringan yang belum mampu mengoperasikan pengurangan di kelas VI di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah adalah “Bagaimanakah penggunaan kartu bilangan dalam meningkatkan kemampuan operasi pengurangan pada siswa tunagrahita ringan kelas VI di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui peningkatan kemampuan operasi pengurangan pada siswa tunagrahita ringan kelas VI di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa dengan menggunakan kartu bilangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subyeknya yaitu siswa tunagrahita ringan kelas VI. Salah satu metode penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk presentase, grafik dan mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan operasi pengurangan sebelum penggunaan kartu bilangan pada siswa tunagrahita ringan kelas VI menunjukkan kategori kurang kemudian setelah penggunaan kartu bilangan kemampuan operasi pengurangan pada siswa tunagrahita ringan kelas VI menunjukkan kategori cukup dan terdapat peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan operasi pengurangan pada siswa tunagrahita ringan kelas VI di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa.