PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR IV SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA
Main Author: | Hijeriyah Nangga |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/22125/1/I.%20Sampul.docx http://eprints.unm.ac.id/22125/2/II.%20Isi.docx http://eprints.unm.ac.id/22125/3/III.%20Jurnal.docx http://eprints.unm.ac.id/22125/ |
Daftar Isi:
- Hijeriyah Nangga. 2017. pendekatan belajar tuntas (mastery learning) dalam meningkatkan hasil belajar matematika murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing Oleh Dr. Purwaka Hadi, M. Si dan Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penetian ini menelaah pendekatan belajar tuntas (mastery learning) dalam meningkatkan hasil belajar matematika murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Masalah penelitian adalah: “Bagaimanakah hasil belajar matematika sebelum dan sesudah pendekatan belajar tuntas (mastery learning) murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupatenupaten Gowa?”. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui hasil belajar matematika sebelum dan setelah menggunakan pendekatan belajar tuntas (mastery learning) murid tunarungu kelas dasar IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Peubah dalam penelitian ini yang dimaksudkan adalah pendekatan belajar tuntas (mastery learning) dalam meningkatkan hasil belajar matematika murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Populasi penelitian sebanyak 4 orang murid. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebelum menggunakan pendekatan belajar tuntas (mastery learning) hasil belajar matematika murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa memperoleh nilai <70 menunjukkan kriteria tidak tuntas. 2) setelah menggunakan pendekatan belajar tuntas (mastery learning) hasil belajar matematika murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa memperoleh nilai ≥70 menunjukkan kriteria tuntas. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar matematika murid tunarungu kelas dasar IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa dari kriteria tidak tuntas menjadi kriteria tuntas, berarti pendekatan belajar tuntas (mastery learning) terbukti efektif meningkatkan hasil belajar matematika pada murid tunarungu kelas dasar IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa