PENGGUNAAN CUBARITME DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA TUNANETRA KELAS DASAR II DI SLB-A YAPTI MAKASSAR
Daftar Isi:
- SELVI, 2016. Penggunaan Cubaritme Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Tunanetra Kelas Dasar II Di SLB-A YAPTI Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M,Pd dan Drs. H. Syamsuddin, M,Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Rendahnya hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar. 1.Bagaimanakah hasil belajar penjumlahan dan pengurangan sebelum menggunakan cubaritme pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar? 2.Bagaimanakah hasil belajar penjumlahan dan pengurangan sesudah menggunakan cubaritme pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar? Dan 3.Apakah cubaritme dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar ?. Tujuan penelitian 1.Untuk mengetahui hasil belajar penjumlahan dan pengurangan sebelum menggunakan cubaritme pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar. 2.Untuk mengetahui hasil belajar penjumlahan dan pengurangan sesudah menggunakan cubaritme pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar. 3.Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan sesudah menggunakan cubaritme pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes tertulis dan Dokumentasi. Data diolah dengan analisis deskriptif dan disajikan dalam bentuk grafik batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar penjumlahan dan pengurangan melalui cubaritme pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar sebelum penggunaan cubaritme, termasuk dalam kategori sangat kurang. Kemudian hasil belajar penjumlahan dan pengurangan melalui cubaritme pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar sesudah penggunaan cubaritme, termasuk dalam kategori baik dan sangat baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar dengan penggunaan cubaritme