Daftar Isi:
  • Aprianti, 2016. Penerapan Pendekatan Multisensori Dalam Meningkatkan Pemahaman Makna Kata Pada Anak Autis Kelas Dasar II di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan SENTRA PK-PLK. Skripsi.Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M. Pd. dan Drs. H. Agus Marsidi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman makna kata pada anak autis kelas dasar II di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Beranjak dari masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah peningkatan kemampuan pemahaman makna kata anak autis kelas dasar II melalui pendekatan multisensori. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: Untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan pemahaman makna kata anak autis kelas dasar melalui penerapan pendekatan multisensori. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak autis kelas dasar II yang berjumlah dua anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman makna kata anak autis kelas dasar II sebelum penerapan pendekatan multisensori kedua anak autis dikategorikan sangat kurang. Kemampuan pemahaman makna kata anak autis kelas dasar II sesudah penerapan pendekatan multisensori kedua anak autis dikategorikan baik. Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman makna kata setelah penerapan pendekatan multisensori anak autis kelas dasar II.