Daftar Isi:
  • ISNAINI NURUN NISA, 2016. Latihan motorik halus untuk meningkatkan kemampuan memakai sepatu murid cerebral palsy di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi - Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid cerebral palsy yang belum dapat memakai sepatu dan mengikat tali sepatu pada kelas dasar III di SLB Negeri Pembina Tk. Provinsi Sulawesi-Selatan Sentra PK-PLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan memakai sepatu bertali melalui latihan motorik halus murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri Pembina Tk. Provinsi Sulawesi-Selatan Sentra PK-PLK”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui kemampuan memakai sepatu bertali melalui latihan motorik halus murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri Pembina Tk. Provinsi Sulawesi-Selatan Sentra PK-PLK”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subyek dalam penelitian ini adalah murid Cerebral Palsy kelas dasar III. Salah satu metode penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk presentase, grafik dan mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memakai sepatu bertali sebelum melakukan latihan motorik halus pada murid cerebral palsy kelasa dasar III menunjukkan kategori kurang kemudian kemampuan memakai sepatu bertali setelah melakukan latihan motorik halus pada murid cerebral palsy kelas dasar III menunjukkan kategori baik dan terdapat peningkatan kemampuan memakai sepatu bertali melalui latihan motorik halus tali temali. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Latihan motorik halus dapat meningkatkan kemampuan memakai sepatu bertali pada murid Cerebral Palsy kelas dasar III di SLBN Pembina Tk. Provinsi Sulawesi-Selatan Sentra PK-PLK