PENERAPAN METODE MATHERNAL REFLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK
Daftar Isi:
- Andhar, 2016. Penerapan Metode Mathernal Reflektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Kelas Dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si dan Dra. Hj. St.Kasmawati, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasssar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbahasa anak tunarungu kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah meningkatkan kemampuan berbahasa melalui metode mathernal reflektif pada anak tunarungu kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK.? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa melalui metode mathernal reflektif pada anak tunarungu kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain one-group pretes-posttest design yang mengkaji tentang penerapan metode mathernal reflektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak. Jumlah subjek penelitian ini adalah sebanyak 2 (dua) orang. Variabel teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan yang diberikan kepada anak sebelum dan sesudah perlakuan. Tes ini dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi berupa data tentang kemampuan berbahasa. Sedangkan teknik analisis data analisis deskriptif kuantitatif yang dilakukan terhadap nilai kemampuan berbahasa yang diperoleh anak tunarungu baik sebelum dan sesudah penerapan metode mathernal reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kemampuan berbahasa anak tunarungu sebelum penerapan metode mathernal reflektif dalam kategori sangat kurang, sedangkan setelah penerapan metode mathernal reflektif dalam kategori baik. Artinya penerapan metode mathernal reflektif dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak tunarungu kelas dasar II