PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAKAI KEMEJA LENGAN PENDEK MELALUI PENERAPAN METODE TASK ANALYSIS PADA MURID TUNAGRAHITA SEDANG KELAS DASAR II DI SLB YPPLB CENDRAWASIH
Main Author: | Anzarul Samsu |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/22065/1/1.%20SAMPUL.docx http://eprints.unm.ac.id/22065/2/2.%20HALAMAN%20DEPAN.docx http://eprints.unm.ac.id/22065/3/3.%20ISI.docx http://eprints.unm.ac.id/22065/ |
Daftar Isi:
- Anzarul Samsu 2016. Peningkatan kemampuan merawat diri melalui penerapan task analysis pada murid tunagrahita sedang kelas dasar II di SLB YPPLB Cendrawasih. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Purwaka Hadi, M.Si dan Dr. Usman, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan merawat diri khususnya dalam kemampuan memakai kemeja lengan pendek pada murid tunagrahita sedang kelas dasar II di SLB YPPLB Cendrawasih.Berdasarkan dari masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan kemampuan merawat diri dalam hal berpakaian murid tunagrahita sedang kelas dasar II melalui penerapan analisis tugas. Adapun tujuan penelitian ini adalah:. Untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan kemampuan merawat diri dalam hal berpakaian murid tunagrahita sedang kelas dasar melalui penerapan analisis tugas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik tes (tes perbuatan) sebelum dan sesudah penerapan task analysisis. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita sedang kelas dasar II yang berjumlah 2 orang murid. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis kuantitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memakai kemeja lengan pendek murid kedua subjek sebelum penerapan metode task analysis kedua murid tunagrahita dikategorikan sangat kurang.Kemampuan memakai kemeja lengan pendek murid tunagrahita sedang kelas dasar II sesudah penerapan metode task analysis berada pada kategori baik.Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan kemampuan memakai kemeja lengan pendek setelah penerapan task analysis murid tunagrahita sedang kelas dasar II