PENGGUNAAN MEDIA FLANELGRAF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA ANAK AUTIS KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA
Daftar Isi:
- FEBRIANTI FITRASARI, 2016. Penerapan Media Flanelgraf dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Anak Autis Kelas Dasar IV di SLB Negeri Somba Opu. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Hj. Kasmawati, M. Si dan Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M. Pd Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA anak autis kelas VI di SLB Negeri Somba Opu Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana media flanelgraf dapat meningkatkan hasil belajar IPA anak autis kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu”. Penelitian ini bertujuan “untuk mengetahui media flanelgraf dalam meningkatkan hasil belajar IPA anak autis kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu”. Salah satu materi IPA yang diteliti adalah “Hubungan Antar Mahhluk hidup”. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah satu orang anak autis kelas VI di SLB Negeri Somba Opu Gowa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil belajar IPA anak autis kelas dasar IV di SLB Somba Opu sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan media flanelgraf datanya dapat dilihat pada grafik baseline 1(A1) kecenderungan arahnya datar yaitu dalam empat sesi anak memperoleh nilai 40 yang masuk pada kategori rendah. Saat dilakukan pembelajaran menggunakan media flanelgraf hasil belajar IPA anak autis kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu meningkat, dapat dilihat pada kondisi intervensi (B) dimana kecenderungan arahnya meningkat , yakni 60-90. Melihat perbandingan hasil belajar anak sebelum menggunakan media flanelgraf menjadi meningkat setelah menggunakan media flanelgraf, maka disimpulkan bahwa penggunaan media flanelgraf memiliki dampak positif dalam peningkatan hasil belajar IPA anak autis kelas dasar IV Di SLB Negeri Somba Opu Gowa