Daftar Isi:
  • JUWITA. 2016. Penerapan Pecs (Picture Exchange Communication System) Dalam Meningkatan Kemampuan Komunikasi verbal Anak Autis Kelas Dasar I di SLB Autis Bunda Kota Makassar. Dibimbing oleh Drs. H. Syamsuddin, M. Si dan Dr. Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah peningkatan kemampuan komunikasi Verbal Anak Autis Kelas Dasar I di SLB Autis Bunda Kota Makassar. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi verbal anak autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melalukan observasi. Subjek penelitian ini adalah anak autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Kota Makassar berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskrifptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi verbal anak autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Kota Makassar sebelum penerapan pecs (Picture Exchange Communication System) berada dalam kategori tidak mampu. Sedangkan kemampuan komunikasi verbal anak autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Kota Makassar sesudah penerapan pecs (Picture Exchange Communication System) berada dalam kategori cukup mampu. Artinya ada peningkatan kemampuan komunikasi verbal anak autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda Kota Makassar.