Daftar Isi:
  • Maria Petrosia Gire Tukan, 2016. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II di SD Inpres Mangasa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Tatiana Meidina, M.Si dan Drs. M. Shodiq, AM, M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media kartu kata bergambar pada anak berkesulitan membaca kelas II SD Inpres Mangasa?. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media kartu kata bergambar pada anak berkesulitan membaca kelas II SD Inpres Mangasa. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik tes. Subyek penelitian ini berjumlah satu orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dalam bentuk tabulasi data kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan membaca kelas II SD Inpres Mangasa sebelum penggunaan media kartu kata bergambar masih tergolong sangat tidak mampu sedangkan kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan membaca kelas II SD Inpres Mangasa setelah penggunaan media kartu kata bergambar sangat mampu dibandingkan hasil tes awal, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan membaca kelas II setelah penggunaan media kartu kata bergambar, berarti bahwa penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan membaca kelas II SD Inpres Mangasa.