PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB PK & PLK GALESONG KABUPATEN TAKALAR
ctrlnum |
21997 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/21997/</relation><title>PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN 
HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID
TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB 
PK & PLK GALESONG KABUPATEN TAKALAR</title><creator>RASNAWATI</creator><subject>PENDIDIKAN LUAR BIASA</subject><description>Rasnawati, 2015. Penggunaan Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di 
SLB PK & PLK Galesong Kabupaten Takalar. Skripsi ini, Dibimbing oleh 
Dra. Dwiyatmi Sulasminah M.Pd dan Drs. Usman, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar 
Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Rumusan masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan 
Alam dalam mengenal anggota tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan. Rumusan 
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar IPA pada murid 
tunagrahita ringan dalam mengenal anggota tubuh hewan sebelum dan setelah 
penggunaan metode karyawisata?. Berdasar pada rumusan masalah, maka tujuan
penelitian yaitu peningkatan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas 
dasar III di SLB PK & PLK Galesong melalui penggunaan metode karyawisata. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mengenalkan anggota 
tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang 
digunakan adalah tes tulisan dan observasi, adapun subjek dalam penelitian ini murid 
tunagrahita ringan kelas dasar III yang berjumlah 2 orang laki-laki. Berdasarkan hasil 
penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan metode 
karyawisata dengan kategori yang mulanya kurang menjadi kategori baik, pada 
kemampuan mengenalkan anggota tubuh hewan dengan mengajak murid keluar kelas 
menuju suatu tempat yang berada dekat dari sekolah yakni sawah yang ditempati 
meneliti seekor sapi. Murid membawa alat tulis untuk mencatat berdasarkan yang 
dipelajari, kemudian murid dibawa kembali ke kelas untuk melaporkan kembali apa 
yang telah diteliti. Dalam penelitian ini murid dapat mengetahui bagian anggota 
tubuh hewan yang telah dilihat. Kemampuan mengenalkan anggota tubuh hewan pada 
murid tunagrahita ringan dapat meningkat melalui penggunaan metode karyawisata.</description><date>2022-02-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/1/SAMPUL%20SKRIPSI.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/2/Motto%2C%20abstrak%20dan%20prakata%20perbaikan.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/3/BAB%20I.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/4/BAB%20II.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/5/BAB%20III.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/6/BAB%20IV.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/7/BAB%20V.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/8/DAFTAR%20PUSTAKA.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/9/DOK%202%20-%20Copy.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/10/RIWAYAT%20HIDUP%20RASNA.docx</identifier><identifier> RASNAWATI (2022) PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB PK & PLK GALESONG KABUPATEN TAKALAR. </identifier><recordID>21997</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RASNAWATI |
title |
PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID
TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB
PK & PLK GALESONG KABUPATEN TAKALAR |
publishDate |
2022 |
topic |
PENDIDIKAN LUAR BIASA |
url |
http://eprints.unm.ac.id/21997/1/SAMPUL%20SKRIPSI.docx http://eprints.unm.ac.id/21997/2/Motto%2C%20abstrak%20dan%20prakata%20perbaikan.docx http://eprints.unm.ac.id/21997/3/BAB%20I.doc http://eprints.unm.ac.id/21997/4/BAB%20II.doc http://eprints.unm.ac.id/21997/5/BAB%20III.doc http://eprints.unm.ac.id/21997/6/BAB%20IV.docx http://eprints.unm.ac.id/21997/7/BAB%20V.docx http://eprints.unm.ac.id/21997/8/DAFTAR%20PUSTAKA.doc http://eprints.unm.ac.id/21997/9/DOK%202%20-%20Copy.docx http://eprints.unm.ac.id/21997/10/RIWAYAT%20HIDUP%20RASNA.docx http://eprints.unm.ac.id/21997/ |
contents |
Rasnawati, 2015. Penggunaan Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di
SLB PK & PLK Galesong Kabupaten Takalar. Skripsi ini, Dibimbing oleh
Dra. Dwiyatmi Sulasminah M.Pd dan Drs. Usman, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar
Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Rumusan masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan
Alam dalam mengenal anggota tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar IPA pada murid
tunagrahita ringan dalam mengenal anggota tubuh hewan sebelum dan setelah
penggunaan metode karyawisata?. Berdasar pada rumusan masalah, maka tujuan
penelitian yaitu peningkatan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas
dasar III di SLB PK & PLK Galesong melalui penggunaan metode karyawisata.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mengenalkan anggota
tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes tulisan dan observasi, adapun subjek dalam penelitian ini murid
tunagrahita ringan kelas dasar III yang berjumlah 2 orang laki-laki. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan metode
karyawisata dengan kategori yang mulanya kurang menjadi kategori baik, pada
kemampuan mengenalkan anggota tubuh hewan dengan mengajak murid keluar kelas
menuju suatu tempat yang berada dekat dari sekolah yakni sawah yang ditempati
meneliti seekor sapi. Murid membawa alat tulis untuk mencatat berdasarkan yang
dipelajari, kemudian murid dibawa kembali ke kelas untuk melaporkan kembali apa
yang telah diteliti. Dalam penelitian ini murid dapat mengetahui bagian anggota
tubuh hewan yang telah dilihat. Kemampuan mengenalkan anggota tubuh hewan pada
murid tunagrahita ringan dapat meningkat melalui penggunaan metode karyawisata. |
id |
IOS3399.21997 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:17:15Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:17:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483853102088192 |
score |
17.538404 |