ctrlnum 21997
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/21997/</relation><title>PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN &#xD; HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID&#xD; TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB &#xD; PK &amp; PLK GALESONG KABUPATEN TAKALAR</title><creator>RASNAWATI</creator><subject>PENDIDIKAN LUAR BIASA</subject><description>Rasnawati, 2015. Penggunaan Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Hasil&#xD; Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di &#xD; SLB PK &amp; PLK Galesong Kabupaten Takalar. Skripsi ini, Dibimbing oleh &#xD; Dra. Dwiyatmi Sulasminah M.Pd dan Drs. Usman, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar &#xD; Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.&#xD; Rumusan masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan &#xD; Alam dalam mengenal anggota tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan. Rumusan &#xD; masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar IPA pada murid &#xD; tunagrahita ringan dalam mengenal anggota tubuh hewan sebelum dan setelah &#xD; penggunaan metode karyawisata?. Berdasar pada rumusan masalah, maka tujuan&#xD; penelitian yaitu peningkatan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas &#xD; dasar III di SLB PK &amp; PLK Galesong melalui penggunaan metode karyawisata. &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mengenalkan anggota &#xD; tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang &#xD; digunakan adalah tes tulisan dan observasi, adapun subjek dalam penelitian ini murid &#xD; tunagrahita ringan kelas dasar III yang berjumlah 2 orang laki-laki. Berdasarkan hasil &#xD; penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan metode &#xD; karyawisata dengan kategori yang mulanya kurang menjadi kategori baik, pada &#xD; kemampuan mengenalkan anggota tubuh hewan dengan mengajak murid keluar kelas &#xD; menuju suatu tempat yang berada dekat dari sekolah yakni sawah yang ditempati &#xD; meneliti seekor sapi. Murid membawa alat tulis untuk mencatat berdasarkan yang &#xD; dipelajari, kemudian murid dibawa kembali ke kelas untuk melaporkan kembali apa &#xD; yang telah diteliti. Dalam penelitian ini murid dapat mengetahui bagian anggota &#xD; tubuh hewan yang telah dilihat. Kemampuan mengenalkan anggota tubuh hewan pada &#xD; murid tunagrahita ringan dapat meningkat melalui penggunaan metode karyawisata.</description><date>2022-02-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/1/SAMPUL%20SKRIPSI.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/2/Motto%2C%20abstrak%20dan%20prakata%20perbaikan.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/3/BAB%20I.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/4/BAB%20II.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/5/BAB%20III.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/6/BAB%20IV.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/7/BAB%20V.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/8/DAFTAR%20PUSTAKA.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/9/DOK%202%20-%20Copy.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/21997/10/RIWAYAT%20HIDUP%20RASNA.docx</identifier><identifier> RASNAWATI (2022) PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB PK &amp; PLK GALESONG KABUPATEN TAKALAR. </identifier><recordID>21997</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RASNAWATI
title PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB PK & PLK GALESONG KABUPATEN TAKALAR
publishDate 2022
topic PENDIDIKAN LUAR BIASA
url http://eprints.unm.ac.id/21997/1/SAMPUL%20SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/21997/2/Motto%2C%20abstrak%20dan%20prakata%20perbaikan.docx
http://eprints.unm.ac.id/21997/3/BAB%20I.doc
http://eprints.unm.ac.id/21997/4/BAB%20II.doc
http://eprints.unm.ac.id/21997/5/BAB%20III.doc
http://eprints.unm.ac.id/21997/6/BAB%20IV.docx
http://eprints.unm.ac.id/21997/7/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/21997/8/DAFTAR%20PUSTAKA.doc
http://eprints.unm.ac.id/21997/9/DOK%202%20-%20Copy.docx
http://eprints.unm.ac.id/21997/10/RIWAYAT%20HIDUP%20RASNA.docx
http://eprints.unm.ac.id/21997/
contents Rasnawati, 2015. Penggunaan Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di SLB PK & PLK Galesong Kabupaten Takalar. Skripsi ini, Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah M.Pd dan Drs. Usman, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dalam mengenal anggota tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan dalam mengenal anggota tubuh hewan sebelum dan setelah penggunaan metode karyawisata?. Berdasar pada rumusan masalah, maka tujuan penelitian yaitu peningkatan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB PK & PLK Galesong melalui penggunaan metode karyawisata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mengenalkan anggota tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulisan dan observasi, adapun subjek dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar III yang berjumlah 2 orang laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan metode karyawisata dengan kategori yang mulanya kurang menjadi kategori baik, pada kemampuan mengenalkan anggota tubuh hewan dengan mengajak murid keluar kelas menuju suatu tempat yang berada dekat dari sekolah yakni sawah yang ditempati meneliti seekor sapi. Murid membawa alat tulis untuk mencatat berdasarkan yang dipelajari, kemudian murid dibawa kembali ke kelas untuk melaporkan kembali apa yang telah diteliti. Dalam penelitian ini murid dapat mengetahui bagian anggota tubuh hewan yang telah dilihat. Kemampuan mengenalkan anggota tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan dapat meningkat melalui penggunaan metode karyawisata.
id IOS3399.21997
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:15Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:15Z
recordtype dc
_version_ 1764483853102088192
score 17.538404