Daftar Isi:
  • EKA HERISUISTA. 2015. “Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Hitung Perkalian Pada Murid Tunadaksa Kelas Dasar V Di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si. dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Rendahnya hasil belajar hitung perkalian pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah hasil belajar hitung perkalian melalui penerapan metode jarimatika pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar hitung perkalian pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa dengan menggunakan metode jarimatika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar hitung perkalian pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum penerapan metode jarimatika berada dalam kategori kurang. Sedangkan hasil belajar hitung perkalian pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa setelah penerapan metode jarimatika berada dalam kategori baik. Artinya ada peningkatan hasil belajar hitung perkalian pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa melalui penerapan metode jarimatika sehingga hasil belajar hitung perkalian meningkat