Daftar Isi:
  • DHANI YULIANI YUSUF. 2014. Kemampuan Menulis Huruf Melalui Buku Tulis Hapus Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar I Di SLB Jenetallasa. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman M. Kes dan Dr. Bastiana, M. Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah kemampuan menulis huruf media melalui buku tulis hapus pada murid tunagrahita ringan. Masalah utama adalah kemampuan menulis murid tunagrahita ringan di SLB Jeknetallasa yang rendah. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf melalui media buku tulis hapus pada murid tunagrahita ringan di SLB Jenetallasa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu untuk memberikan gambaran tentang kemampuan menulis huruf sebelum dan sesudah penerapan buku tulis hapus pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa. Pengumpulan data melalui teknik pengamatan dengan menggunakan instrument “tes perbuatan” dalam bentuk observasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh yaitu kemampuan menulis murid tunagrahita ringan melalui buku tulis hapus di SLB Jenetallasa yang berada pada katergori kurang setelah penerapan media buku tulis hapus kemampuan menulis murid tunagrahita meningkat yang berada pada cukup, maka dari itu buku tulis hapus efektik dalam meningkatkan kemampuan menulis murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa.