PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN VARIAN BACKUP PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI MAKASSAR
Daftar Isi:
- AGUSTINA S. 2015. “Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Varian Backup Pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si. dan Dr. Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Rendahnya kemampuan penjumlahan pada mata pelajaran matematika pada peserta didik tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Makassar. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah gambaran kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas dasar II Di SLB Negeri Makassar sebelum menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup? 2) Bagaimanakah gambaran kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas dasar II Di SLB Negeri Makassar setelah menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup? 3) Apakah ada peningkatan kemampuan penjumlahan peserta didik tunagrahita kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar dalam menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui gambaran kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar sebelum menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup 2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar sebelum menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup 3) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar dalam menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 4 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan teknik analisis data analisis kuantitatif deskriptif. Melalui penelitian ini secara empiris dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita di SLB Negeri Makassar sebelum penerapam Varian backup berada dalam kategori sangat kurang. 2) Kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita di SLB Negeri Makassar setelah penerapam Varian backup berada dalam kategori baik. 3) Ada peningkatan kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita ringan di SLB Negeri Makassar sebelum dan sesudah penerapam Varian backup