PENGGUNAAN RODA HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB C YPPLB 2 MAKASSAR
Daftar Isi:
- HASBI. 2015. “Penggunaan roda huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas Dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar. Skripsi di bimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd. dan Drs. Usman, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah kemampuan membaca murid tunagrahita ringan masih sangat rendah. Hal tersebut terlihat ketika penulis melakukan observasi awal tepatnya pada hari Selasa tanggal 7- 11 Januari 2014, hasil observasi menunjukkan bahwa murid tunagrahita ringan kelas DasarII di SLB C YPPLB 2 Makassar masih belum mampu melafalkan huruf dan membaca kata dengan baik. Terutama mengenal huruf ketika dihadapkan pada sederetan huruf A-Z anak hanya mampu menyebutkan beberapa abjad dan sebagian masih menghafal dan dibantu sesekali oleh gurunya, namun ketika huruf atau abjad tersebut dirangkai menjadi sederetan kata, murid tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam melafalkannya secara utuh, sehingga nampak bahwa anak belum memahami konsep membaca. Adapun Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca huruf pada murid tunagrahita ringan kelas Dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar melalui penggunaan roda huruf?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk “Memperoleh gambaran tentang penggunaan roda huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas Dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar”. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2). Subjek penelitian ini adalah 1 orang murid tunagrahita ringan kelas Dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan roda huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf dan kemampuan membaca suku kata. Hal ini berdasarkan pada grafik kemampuan membaca subjek (Ni) yang meningkat. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah bahwa penggunaan roda huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca dan bermanfaat digunakan dalam pembelajaran membaca pada murid tunagrahita ringan