PENGGUNAAN FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MURID DISKALKULIA KELAS II SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR
Daftar Isi:
- ARISMA. 2015. “Penggunaan Flashcard Dalam Pembelajaran Matematika Murid Diskalkulia Kelas II SD Inpres Maccini Baru Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Bastiana. M, Si dan Drs. Andi Budiman, M. Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan flashcard dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid diskalkulia kelas II SD Inpres Maccini Baru Makassar. Sedangkan tujuan utamanya adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan hasil belajar matematika murid diskalkulia kelas II SD Inpres Maccini Baru Makassar. Dan Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian penggunaan flashcard dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar matematika dengan memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan belajar dan hasil belajar murid disklalkulia kelas II SD Inpres Maccini Baru Makssar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan yang menjadi subjek penelitian adalah seorang murid diskalkulia yang menjadi subjek penelitian yang berusia 6 tahun dengan gambaran umum murid tergolong normal tetapi teridentifikasi sebagai murid berkesulitan belajar matematika (Diskalkulia). Hasil belajar matematika murid melalui flashcard ternyata dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar matematika murid seperti mencocokkan bilangan, membaca dan menuliskan bilangan, menghitung hasil jumlah bilangan serta pemahaman konsep lebih besar dan lebih kecil. Kesimpulan dari hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan penggunaan flashcard dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar murid diskalkulia kelas II SD Inpres Maccini Baru Makassar.