PENERAPAN COMPIC (COMPUTERIZED PICTOGRAPH) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA PADA MURID AUTIS KELAS DASAR II SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK
Daftar Isi:
- Ferdinanda Valeryany Hurint. 2015. Penerapan COMPIC (Computerized Pictograph) dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata pada murid autis kelas dasar II SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M. Si dan Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penguasaan kosa kata pada murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Berdasarkan masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah kemampuan penguasaan kosa kata pada murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum menerapkan COMPIC?, 2) bagaimanakah kemampuan penguasaan kosa kata murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan setelah menerapkan COMPIC, 3) apakah ada peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata melalui penerapan COMPIC pada murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan penguasaan kosa kosa murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penerapan COMPIC, 2) mengetahui kemampuan penguasaan kosa kata murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan setelah penerapan COMPIC, 3) mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata murid autis kelas dasasr II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penerapan COMPIC. Pendekatan yang di gunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes perbuatan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata pada murid autis dengan kategori sangat tidak mampu menjadi mampu. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan COMPIC dapat meningkatkan penguasaan kosa kata pada murid autis kelas dasar II SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK.