Daftar Isi:
  • BAHARUDDIN. S. 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi pada Anak Autis Kelas Dasar II di SLB Negeri Makassar melalui Metode Applied Behavior Analysis (ABA). Dibimbing oleh Drs. A.Budiman, M.Kes dan Dra. Tatiana Meidina ,M.Si. Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan kemampuan komunikasi pada Anak Autis Kelas Dasar II di SLB Negeri Makassar melalui Metode Applied Behavior Analysis (ABA). Tujuan utama dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Makassar melalui Metode Applied Behavior Analysis (ABA). Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif kualitatif dengan melalukan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Makassar berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskrifptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Makassar sebelum penerapan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) komunikasi anak mengalami hambatan. Sedangkan kemampuan komunikasi pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Makassar setelah penerapan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) komunikasi anak meningkat. Artinya ada peningkatan kemampuan komunikasi pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Makassar melalui Metode Applied Behavior Analysis (ABA) sehingga kemampuan komunikasi anak meningkat.