PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADAMURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLBN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA
Daftar Isi:
- Irfan Nur, 2014. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing Drs. M. Shodiq AM, M, Pd dan Dr. Purwaka Hadi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa?. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ” Bagaimanakah kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum dan sesudah pendekatan matematika realistik?, dan Apakah ada peningkatan kemampuan berhitung pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa melalui pendekatan matematika realistik?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah ”1) Untuk mengetahui kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum pendekatan matematika realistik, 2) Untuk mengetahui kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa setelah pendekatan matematika realistik dan 3) Untuk mengetahui apa ada peningkatan kemampuan berhitung murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa melalui pendekatan matematika realistik.” Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas II di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes perbuatan yakni menghitung angka. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran kemampuan berhitung murid tersebut. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ” kemampuan berhitung melalui pendekatan matematika realistik pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa menunjukkan kategori kurang mampu, kemampuan berhitung melalui pendekatan matematika realistik pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa menunjukkan kategori mampu sampai sangat mampu dan ada peningkatan kemampuan berhitung melalui pendekatan matematika realistik pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa dari kategori kurang mampu menjadi mampu sampai dengan sangat mampu.”