Daftar Isi:
  • INDRA DWI PUTRA. 2014. Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Perbendaharaan Kata PadaMurid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di SLB YPAC Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Mufaadi, M.Si dan Drs.Ahcmad Tohir. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini ialah kurangnya perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB YPAC Makassar . Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan perbendaharaan kata melalui penggunaan media gambar pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III Di SLB YPAC Makassar. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Jenis Penelitian yang di gunakan adalah deskriptif, yaitu untuk menggambarkan kemampuan perbendaharaan kata murid tunagrahita ringan setelah penggunaan media gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, adapun Responden dalam penelitian ini, yaitu murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB YPAC Makassar yang berjumlah 3 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai yang diperoleh yang mulanya kurang menjadi cukup pada hasil belajar perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB YPAC Makassar. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB YPAC Makassar dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar.