Daftar Isi:
  • SUHERMAN. 2015. “Penggunaan Tulisan Singkat Braille dalam Meningkatkan Kecepatan Menulis Berita Singkat pada Murid Tunanetra Kelas Dasar III Di SLB N Somba Opu Kabupaten Gowa”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Shodiq, M. Pd dan Dr. PurwakaHadi, M. Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah murid masih lambat dan memerlukan waktu yang lama untuk menulis serta banyak kesalahan dalam menulis. Rumusan masalah dalam penenlitian ini yaitu: Bagaimana penggunaan tulisan singkat braille dapat meningkatkan kecepatan menulis pada murid tunanetra kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan kecepatan menulis pada murid tunanetra kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum dan setelah menggunakan tulisan singkat braille. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunanetra kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu yang berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan menulis pada murid tunanetra kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu sebelum penggunaan tulisan singkat braille berada dalam kategori kurang. Sedangkan kecepatan menulis pada murid tunanetra kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu setelah penggunaan tulisan singkat braille berada pada kategori baik sekali. Artinya ada peningkatan kecepatan menulis murid tunanetra kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu melalui penggunaan tulisan singkat braille sehingga kecepatan menulisnya meningkat.