PENERAPAN BINA WICARA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB YPP BAJENG RAYA
Daftar Isi:
- RAHMAWATI. 2014. Penerapan Bina Wicara Dalam Meningkatkan Kemampuan Bicara Murid Tunarungu Kelas Dasar II Di SLB YPP Bajeng Raya. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd. dan Dra. Tatiana Meidina,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bicara murid tunarungu kelas dasar II di SLB YPP bajeng raya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan bicara dengan menggunakan penerapan bina wicara murid tunarungu kelas dasar II di SLB YPP Bajeng Raya sebelum dan setelah diterapkan bina wicara . Berdasarkan pada rumusan masalah, maka tujuan yang diteliti untuk mengetahui peningkatan kemampuan bicara pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB YPP Bajeng Raya sebelum dan setelah diterapkan bina wicara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan belajar sebelum dan setelah penggunaan bina wicara murid tunarungu kelas dasar II di SLB YPP Bajeng Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, adapun subjek dalam penelitian ini murid tunarungu kelas dasar II di SLB YPP Bajeng Raya yang berjumlah 4 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai kategori yang mulanya tidak mampu menjadi kategori mampu pada penerapan bina wicara dalam meningkatkan kemampuan bicara murid tunarungu kelasa dasar II di SLB YPP Bajeng Raya pada awalnya. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan bicara murid tunarungu kelas dasar II di SLB YPP Bajeng Raya dapat ditingkatkan melalui penerapan bina wicara.