Daftar Isi:
  • Nuraeni Rahman. 2014. Penerapan Metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II SLBN Mallilingi Kabupaten Bantaeng. Skripsi dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M. Si dan Dra. Hj. St. Kasmawati, M. Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu hasil belajar membaca permulaan murid tunagrahita rinagan kelas dasar II di SLBN Maliling Kab. Bantaeng yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan Metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II SLBN Malilingi Kab. Bantaeng”. Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode SAS(Struktural Analisis Sintetik) pada murid tunagrahita ringan pada kelas dasar II di SLBN Malilingi Kab.Bantaeng. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Malilingi pada tahun ajaran 2014/ 2015 sebanyak 3 orang murid. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes perbuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Malilingi sebelum diterapkan metode SAS(Struktural Analisis Sintetik) masih tergolong kategori kurang mampu. Sedangkan setelah menerapkan metode SAS(Struktural Analisis Sintetik) pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Malilingi Kab. Bantaeng mengalami peningkatan yaitu sudah tergolong dalam kategori mampu. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan metode SAS(Struktural Anallisis Sintetik) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Malilingi Kab. Bantaeng