Daftar Isi:
  • Tanti Yulianti Yusuf, 2014. “Penggunaan Game Interaktif Dalam Mengenal Angka Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar 1 di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman M. Kes selaku pembimbing I dan Drs. Nahrawi, M.Si, selaku pembimbing II. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Penggunaan Game Interaktif Dalam Mengenal Angka Pada murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar 1 Di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa, dengan jumlah murid sebanyak 2 orang dalam mengenalkan angka 1 sampai 10 masih rendah sehinggga perlu diupayakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik minat bagi murid tunagrahita ringan salah satunya dengan penggunaan game interaktif. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana kemampuan mengenal angka murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa sebelum dan sesudah menggunakan game interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mengenal angka murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa sebelum dan sesudah penggunaan game interaktif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif yaitu untuk mengetahui kemampuan mengenal angka pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa melalui penggunaan game interaktif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan kemampuan mengenal angka pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa, yang dalam penelitian ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yakni sebelum (pre-test) dan sesudah (post-tes) pembelajaran, dengan menggunakan game interaktif. Subjek penelitian ini adalah seluruh murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa yang berjumlah dua (2) orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan mengenal angka murid tunagrahita ringan kelas dasar I sebelum menggunakan game interaktif masukdalam kategori tidak mampu, (2) kemampuan mengenal angka murid tunagrahita ringan kelas dasar I setelah menggunakan game interaktif mengalami peningkatan dan masuk dalam kategori cukup mampu. Kesimpulannya bahwa dengan penggunaan game interaktif dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa.