PENGGUNAAN MISTAR BILANGAN BULAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB NEGERI TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Daftar Isi:
- Juhriansyah, 2014. Penggunaan mistar bilangan bulat dalam meningkatkan hasil belajar matematika murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Drs. Nahrawi, M.Si. Jurusan Pendidikan luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi dari hasil belajar murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur dalam hal berhitung penjumlahan dan pengurangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar matematiaka murid tunagrahita ringan kelas dasar III melalui penggunaan mistar bilangan bulat di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan mistar bilangan bulat pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan jenis penilitian deskriptif yaitu untuk menggambarkan hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot, yang dalam penelitian ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yakni sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) pembelajaran matematika dengan menggunakan mistar bilangan bulat. Reponden penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan di kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot yang berjumlah 4 (empat) orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan mistar bilangan bulat pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot yang tadinya dalam kategori gagal menjadi kategori baik. Kesimpulannya bahwa dengan penggunaan mistar bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser provinsi Kalimantan Timur.