PENGGUNAAN MEDIA STICK HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB C YPPLB 2 MAKASSAR
Daftar Isi:
- Muhammad Sidddieq, 2013. Penggunaan Media Stick Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB C YPPLB 2 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd. Dan Dr. Tiyanto Pristiwaluyo, M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok dalam penulisan skripsi ini adalah kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar yang masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”1) Bagaimanakah kemampuan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar sebelum penggunaan media stick huruf?, 2) Bagaimanakah kemampuan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar setelah penggunaan media stick huruf? dan 3) Apakah ada peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar melalui penggunaan media stick huruf?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah ”1) Untuk mengetahui kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar sebelum penggunaan media stick huruf, 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar setelah penggunaan media stick huruf dan 3) Untuk mengetahui kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar melalui penggunaan media stick huruf.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat menggambarkan mengenai kemampuan membaca murid yang analisisnya menggunakan analisis statistik. Subjek penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas II di SLB C YPPLB 2 Makassar yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes perbuatan yakni membaca huruf, suku kata dan kata. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran kemampuan mambaca murid tersebut. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ”1) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB II Makassar sebelum menggunakan media stick huruf menunjukkan kategori kurang mampu, 2) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB II Makassar setelah menggunakan media stick huruf menunjukkan kategori sangat mampu dan 3) Ada peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB II Makassar dari kategori kurang mampu menjadi sangat mampu.”