Daftar Isi:
  • Suriansyah. 2014.“Permainan Kartu Dalam Membaca Permulaan Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd. dan Drs. Mufa’adi M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah digunakan metode permainan kartu pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, adapun subjek dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 4 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan dengan permainan kartu dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan dapat ditingkatkan melalui permainan kartu, baik kartu huruf, suku kata, maupun kartu kata.