Daftar Isi:
  • Salfia. 2013. Penggunaan Stik Es dalam Pembelajaran Matematika pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III SLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Murni, M.Hum. dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu hasil belajar pengurangan murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB-C YPPLB Makassar yang masih rendah. Rumusan masalahnya adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar pengurangan dengan penggunaan stik es pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB-C YPPLB Makassar?. Tujuan Penelitian yaitu 1) Mengetahui hasil belajar pengurangan murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB-C YPPLB Makassar sebelum penggunaan stik es 2) Mengetahui hasil belajar pengurangan murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB-C YPPLB Makassar sesudah penggunaan stik es? 3) Mengetahui peningkatan hasil belajar pengurangan dengan penggunaan stik es pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB-C YPPLB Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian yaitu seluruh murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB-C YPPPLB Makassar yang berjumlah 3 orang. Memperhatikan bahwa populasi penelitian ini terbatas, maka ditetapkan untuk melaksanakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Data diolah dengan analisis deskriptif kuantitatif dan disajikan dalam bentuk diagram batang. Kesimpulan hasil penelitian yaitu 1) Hasil belajar pengurangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB-C YPPLB Makassar sebelum penggunaan stik es berada pada kategori sangat kurang 2) Hasil belajar pengurangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB-C Makassar sesudah penggunaan stik es berada pada kategori baik sekali 3) Terdapat peningkatan hasil belajar pengurangan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB-C YPPLB Makassar dengan penggunaan stik es.