PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVIASION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB NEGERI TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Main Author: Achmad Ridwan
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/21838/1/sampul-ku.docx
http://eprints.unm.ac.id/21838/2/BAB%20I..docx
http://eprints.unm.ac.id/21838/3/BAB%20IV%20-%201.docx
http://eprints.unm.ac.id/21838/4/Lampiran-lampiran.docx
http://eprints.unm.ac.id/21838/5/DOKUMENTASI%20%20%20PENELITIAN%20RIDWAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/21838/6/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/21838/
Daftar Isi:
  • Achmad Ridwan. 2014. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement diviasion (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V DI SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Shodiq AM. M.Pd dan Dr. Bastiana, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar V yang berjumlah 6 orang kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar matematika murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berada dalam kategori rendah dan setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berada dalam kategori tinggi. Dengan demikian disimpulkan ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.