Daftar Isi:
  • Siti Mawaddah. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Berbasis ICT ( Information And Communication Technology) Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V Di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M. Si. dan Dra. St. Kasmawati, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan media berbasis ICT ( Information And Communication Technology) pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan media berbasis ICT ( Information And Communication Technology) pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, adapun subjek dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur yang berjumlah 4 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis deskriptif kuantitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA sebelum penggunaan media berbasis ICT ( Information And Communication Technology) berada pada kategori sedang, dan setelah penggunaan media berbasis ICT ( Information And Communication Technology) meningkat menjadi kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis ICT ( Information And Communication Technology) dapat meningkatkan hasil belajar IPA murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.