Daftar Isi:
  • RUSDAMAYANTI. 2013.“Penggunaan Media Kartu Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemenggalan Kata Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLBN Tanah Grogot”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Dwiyatmi Sulasminah,M.Pd dan Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada kompetensi pemenggalan kata murid tunagrahita ringan di kelas dasar III SLBN Tanah Grogot. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan pemenggalan kata pada murid tunagrahita ringan di kelas Dasar III SLBN Tanah Grogot. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemenggalan kata sebelum dan setelah penggunaan kartu kata pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar III SLBN Tanah Grogot. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan pemenggalan kata sebelum dan setelah penggunaan kartu kata pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar III SLBN Tanah Grogot. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan tes perbuatan, adapun subjek dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot yang berjumlah 3 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil tes penelitian yakni tes awal dan tes akhir menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemenggalan kata pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB Negeri Tanah grogot. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemenggalan kata pada murid tunagrahita ringan kelas Dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot dapat ditingkatkan melalui penggunaan media kartu kata.