PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN TENTANG RAMBU LALU LINTAS MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II SLBN TANA PASER KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR

Main Author: Irmala Dewi
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/21826/1/SAMPUL.docx
http://eprints.unm.ac.id/21826/2/HALAMAN%20DEPAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/21826/3/SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/21826/
Daftar Isi:
  • IRMALA DEWI, 2014. Peningkatan Kemampuan pemahamanTentang Rambu Lalu Lintas Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II SLBN Tana Paser, kabupaten Paser Kalimantan Timur. Skripsi dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian adalah : 1) Bagaimana kemampuan pemahaman rambu lalu lintas murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLBN Tana Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur sebelum Melalui Penerapan Metode simulasi ? 2) Bagaimana kemampuan pemahaman rambu lalu lintas murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLBN Tana Paser Kabupaten Paser Kalimatan Timur sesudah Melalui Penerapan Metode simulasi ? 3) Apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman rambu lalu lintas Melalui Penerapan Metode simulasi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Tana Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur ?. Tujuan penelitian, yaitu : 1) Mengetahui kemampuan pemahaman rambu lalu lintas murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Tana Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur sebelum Melalui Penerapan Metode simulasi. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman tentang rambu lalu lintas murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLBN Tana Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur setelah Melalui Penerapan Metode simulasi. 3) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman rambu lalu lintas Melalui Penerapan Metode simulasi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLBN Tana Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 6 orang murid, pengumpulan data dengan teknik tes, sedangkan teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman rambu lalu lintas pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLBN Tana Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur sebelum penerapan metode simulasi berada pada kategori rendah. 2) Kemampuan pemahaman rambu lalu lintas pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLBN Tana Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur sesudah penerapan metode simulasi berada pada kategori tinggi. 3) Terjadi peningkatan kemampuan pemahaman rambu lalu lintas Melalui Penerapan Metode simulasi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLBN Tana Paser kabupaten Paser Kalimantan Timur.