Daftar Isi:
  • WIDYA INTAN YUNIANTIKA. 2014. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Abjad Magnetik Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar I di SLB Negeri Tanah Grogot”. Skripsi Dibimbing oleh Dr.Bastiana,M.Si.dan Dra.Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan di kelas Dasar I SLBN Tanah Grogot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah menggunakan media abjad magnetik pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar I SLBN Tanah Grogot. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah menggunakan media abjad magnetik pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar I SLBN Tanah Grogot. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan adapun subjek dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLBN Tanah Grogot yang berjumlah 3 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLBN Tanah Grogot sebelum menggunakan media abjad magnetik menunjukkan kategori kurang mampu, sedangkan setelah menggunakan media abjad magnetik menunjukkan kategori mampu. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar I di SLB Negeri Tanah Grogot. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas Dasar I di SLB Negeri Tanah Grogot dapat ditingkatkan melalui media abjad magnetik.