PENERAPAN METODE ANALISIS GLASS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING SUKU KATA SEDERHANA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR I DI SLB-D YPAC MAKASSAR
Daftar Isi:
- Haerani, 2013,Penerapan metode analisis glass dalam meningkatkan kemampuan membaca nyaring suku kata sederhana pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB-D YPAC Makassar . Skripsi Dibimbing oleh Dra.Tatiana Meidina M.Si dan Drs. Mufa’adi M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat peningkatan kemampuan membaca nyaring suku kata sederhana pada murid tunagrahita kelas dasar I di SLB-D YPAC Makassar setelah penerapan metode analisis glass. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca nyaring suku kata sederhana pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB-D YPAC Makassar setelah penerapan metode analisis glass. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 5 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB-D YPAC Makassar. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca nyaring suku kata sederhana pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB-D YPAC Makassar sebelum penerapan metode analisis glass dalam kategori kurang mampu. Kemudian setelah penerapan metode analisis glass pada tes akhir, terjadi peningkatan kemampuan membaca nyaring suku kata sederhana pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB-D YPAC Makassar dan termasuk dalam kategori mampu. Dengan adanya perbedaan kemampuan membaca nyaring suku kata sederhana sebelum dan setelah penerapan metode analisis glass ,maka terdapat peningkatan kemampuan membaca nyaring suku kata sederhana pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB-D YPAC Makassar. Dengan adanya penerapan metode analalisis glass dalam pembelajaran membaca , maka kemampuan membaca nyaring suku kata sederhana pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB-D YPAC Makassar dapat ditingkatkan.