PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN BERGAMBAR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Main Author: Salehah
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/21806/1/sampul%20depan.docx
http://eprints.unm.ac.id/21806/2/halaman%20depan.docx
http://eprints.unm.ac.id/21806/3/skripsi%20ibu%20haji%20terbaru.docx
http://eprints.unm.ac.id/21806/4/DOKUMENTASI%20PENELITIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/21806/5/INSTRUMEN%20TES%20PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20PENJUMLAHAN%20MELALAU.docx
http://eprints.unm.ac.id/21806/6/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/21806/
Daftar Isi:
  • Salehah, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan Bergambar pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II DI SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd., dan Drs. M. Shodiq. AM, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar penjumlahan pada murid tunagrahita di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah hasil belajar penjumlahan sebelum dan sesudah menggunakan media kartu bilangan bergambar kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan? Apakah terdapat peningkatan hasil belajar penjumlahan setelah menggunakan media kartu bilangan bergambar pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar penjumlahan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun subjek penelitian sebanyak 7 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan penjumlahan melalui penggunaan media kartu bilangan bergambar pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum diberikan latihan penjumlahan berada dalam kategori rendah. Kemampuan penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sesudah diberikan latihan penjumlahan melalui media kartu bilangan bergambar berada dalam kategori tinggi. Dengan kata lain media kartu bilangan bergambar dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pada murid tunagrahita kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.