PENGARUH PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XI DI SMKN 2 MAROS

Main Authors: Arfandi, Anas, Panennungi, Panennungi
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Teknik UNM , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/21791/1/2021%20Arifuddin%2024845-61295-1-SM.pdf
http://eprints.unm.ac.id/21791/2/Peer%20Review%20Jurnal%20Nasional%20Arifuddin.pdf
http://eprints.unm.ac.id/21791/
https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/24845
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Google Classroom terhadap minat belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Selain itu untuk mengetahui penerapan aplikasi Google Classroom dan menguraikan minat belajar siswa pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Maros tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas XI DPIB dengan jumlah sampel 30 siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan aplikasi google clasroom sudah baik, namun minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi masuk dalam kategori rendah. Dari analisis data diperoleh persamaan Y=13.722+0.652X+e, nilai t hitung sebesar 8,818 dimana nilai tersebut lebih besar dari t tabel 2,048 maka Ha diterima dan Ho di tolak artinya ada pengaruh antara penerapan aplikasi google classroom terhadap minat belajar siswa dengan nilai R 2 sebesar 73,5%.