PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FUN THINKERS PADA MURID TUNAGRAHITA KELAS DASAR I DI SLB-C YPPLB MAKASSAR
Main Author: | ANDI SATRIA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/21768/1/SAMPUL%20DEPAN.doc http://eprints.unm.ac.id/21768/2/DAFTAR%20ISI.docx http://eprints.unm.ac.id/21768/3/BAB%20I%2C%20II%2C%20III%2C%20IV%2C%20%26%20V.doc http://eprints.unm.ac.id/21768/5/Batas%20Lampiran.docx http://eprints.unm.ac.id/21768/6/RIWAYAT%20HIDUP.doc http://eprints.unm.ac.id/21768/ |
Daftar Isi:
- ANDI SATRIANA, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Fun Thinkers pada Murid Tunagrahita Kelas Dasar I di SLB-C YPPLB Makassar. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M. Si dan Dr. Bastiana, M. Si. Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji hasil belajar Matematika dengan menggunakan media Fun Thinkers. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar murid dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media Fun Thinkers pada murid tunagrahita kelas dasar I di SLB-C YPPLB Makassar ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan media Fun Thinkers pada murid tunagrahita kelas dasar I di SLB-C YPPLB Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), fokus penelitian ini adalah penerapan media Fun Thinkers dalam pembelajaran Matematika dan hasil belajar Matematika, subjek penelitian adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB-C YPPLB Makassar sebanyak 5 orang terdiri dari 1 orang perempuan dan 4 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk tes dan analisis data kualitatif untuk observasi dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pada siklus pertama menggunakan media Fun Thinkers pada murid tunagrahita kelas dasar I di SLB-C YPPLB Makassar menunjukkan bahwa hasil belajar matematika murid mencapai nilai rata-rata 56 atau pada kategori tidak tuntas. Sedangkan hasil penelitian pada siklus kedua menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh murid mencapai nilai rata-rata 76 atau pada kategori tuntas. Jadi, media Fun Thinkers dapat meningkatkan hasil belajar murid tunagrahita pada pembelajaran matematika.