Daftar Isi:
  • Rubiyati, 2012. Peningkatan Kemampuan membaca Melalui Penggunaan Media kartu kata Braille Pada Murid Tunanetra Kelas dasar II SLB YPP Bajeng Raya. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah,M. Pd dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kemampuan membaca sebelum menggunakan media kartu kata Braille pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB YPP Bajeng Raya? 2). Bagaimanakah kemampuan membaca sesudah menggunakan media kartu kata Braille pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB YPP Bajeng Raya?. Tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui: 1) Kemampuan membaca sebelum menggunakan media kartu kata Braille pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB YPP Bajeng Raya? 2). Kemampuan membaca sesudah menggunakan media kartu kata Braille pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB YPP Bajeng Raya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan dua peubah, yakni kemampuan membaca permulaan dan media kartu kata Braille. Populasi penelitian sebanyak 2 orang murid. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes membaca dan teknik analisis data analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca Braille pada murid Tunanetra di Kelas Dasar II SLB YPP Bajeng Raya sebelum diterapkan media Kartu Kata Braille termasuk dalam kategori Kurang Mampu karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 65. 2) Kemampuan membaca Braille pada murid Tunanetra di Kelas Dasar II SLB YPP Bajeng Raya setelah diterapkan media Kartu Kata Braille termasuk dalam kategori sangat mampu, hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan murid dalam menyelesaikan soal tes membaca yang diberikan. 3) Media Kartu Kata Braille dapat meningkatkan Kemampuan membaca Braille pada murid Tunanetra di Kelas Dasar II SLB YPP Bajeng Raya .