PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUCAPKAN KALIMAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING (PENGELOMPOKAN) KATA PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II SLB-B YPPLB MAKASSAR
Daftar Isi:
- Keristina minggu masero, 2011. Peningkatan Kemempuan mengucapkan kalimat sederhana Dengan menggunakan Teknik clustering (pengelompokan) kata Pada Murid tunarungu Kelas Dasar II SLB-B YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si dan Dra. Hj. Sitti Murni, M.Hum. Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada peningkatan kemempuan mengucapkan kalimat sederhana dengan menggunakan penggunaan teknik clustering (pengelompokan) kata pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar. Tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui peningkatan kemempuan mengucapkan kalimat sederhana murid tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar dengan menggunakan penerapan teknik clustering (pengelompokan) kata Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan satu peubah, yakni peningkatan kemempuan mengucapkan kalimat sederhana dengan menggunakan penerapan teknik clustering (pengelompokan) kata. Populasi penelitian sebanyak 3 orang murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemempuan mengucapkan kalimat sederhana murid tunarungu kelas dasar II SLB-B YPPLB Makassar sebelum diterapkan teknik clustering (pengelompokan) kata termasuk dalam kategori tidak tuntas, 2) Kemempuan mengucapkan kalimat sederhana murid tunarungu kelas dasar II SLB-B YPPLB Makassar setelah diterapkan teknik clustering (pengelompokan) kata termasuk dalam kategori tuntas, dan 3) Teknik clustering (pengelompokan) kata dapat meningkatkan Kemempuan mengucapkan kalimat sederhana murid tunarungu kelas dasar II SLB-B YPPLB Makassar.