PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE INKUIRI PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV SLB-C YPPLB MAKASSAR
Daftar Isi:
- Sitti Hasniati, 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Inkuiri Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV SLB - C YPPLB Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Hj. Sitti Kasmawati, M.Si dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah,M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode inkuiri hasil belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB-C YPPLB Makassar Dapat Meningkat?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode inkuiri pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB-C YPPLB Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan satu peubah, yakni peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode inkuiri. Populasi penelitian sebanyak 3 orang murid. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan teknik analisis data analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB-C YPPLB Makassar sebelum diterapkan metode inkuiri termasuk dalam kategori tidak tuntas, 2) Hasil belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB-C YPPLB Makassar setelah diterapkan metode inkuiri termasuk dalam kategori tuntas, dan 3) Metode inkuiri dapat meningkatkan Hasil belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB-C YPPLB Makassar.