INFILTRASI PENDIDIKAN LINTAS KULTUR (PLK) BUDAYA SIPAKATAU MELALUI PENDIDIKAN KESENIAN DI SEKOLAH
Main Author: | Muhammad Rapi, Muhammad Rapi |
---|---|
Format: | Proceeding NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/2175/1/PROSEDING%20MUHAMMAD%20RAPI2.pdf http://eprints.unm.ac.id/2175/2/PEER%20REVIEWER%20PROSIDING2.pdf http://eprints.unm.ac.id/2175/ |
Daftar Isi:
- PENDAHULUAN Sekolah adalah lembaga pendiidkan yang padanya dibebankan pembentukan, pengembangan kepribadian peserta didik. Segala bentuk pengembangan kebudayaan dapat dilakukan di sekolah. Pencerdasan dan pencerahan, serta pembentukan sikap, dan kepribadian melalui ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Sekolah merupakan wadah yang paling strategis. Melalui lembaga pendidikan/sekoalh, berbagai jenis ilmu, teknologi, dan seni dapat dikembangkan dengan baik dan mudah. Melalui sekolah, pemindahan, penerapan, dan pengkajian ilmu dapat berlangsung dengan baik. Pendidikan Lintas Kultur (PLK) paling praktis dilakukan di sekolah walaupun sekolah bukan satu-satunya lembaga atau wadah yang dapat mengembangkan aneka budaya manusia, akan tetapi lembaga pendidikan sekolah merupakan tumpuan harapan berbagai pihak dalam mengembangkan diri.