PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SAS MURID TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB-B KARYA MURNI RUTENG

Main Author: LYDIA NURMAYA SIMANJUNTAK
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/21738/1/LAMPIRAN%20DEPAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/21738/2/SKRIPSI%20MAYA%20I-V.docx
http://eprints.unm.ac.id/21738/3/SKRIPSI%20MAYA%20I-V.docx
http://eprints.unm.ac.id/21738/4/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/21738/
Daftar Isi:
  • Lydia Nurmaya Simanjuntak, 2012 Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode SAS Bagi Murid Tunarungu Kelas Dasar I di SLB-B Karya Murni Ruteng. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M. Pd dan Drs. H. Syamsuddin, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode SAS. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi yang terjadi di SLB-B Karya Murni Ruteng yang menunjukkan murid kelas Dasar I memiliki kemampuan membaca permulaan yang rendah oleh karena itu masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas dasar I di SLB-B Karya Murni Ruteng? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan murid Tunarungu kelas Dasar I di SLB-B Karya Murni Ruteng melalui Metode SAS. Metode penelitian ini merupakan upaya yang dipilih untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode SAS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 5 orang murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan melalui metode SAS murid tunarungu kelas dasar I di SLB-B Karya Murni Ruteng menunjukkan ada peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : penggunaan metode SAS dapat meningkatkan kemampan membaca permulaan murid tunarungu dasar I di SLB - B Karya Murni Ruteng.