PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA GAMBAR KARIKATUR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB-C YPPLB MAKASSAR

Main Author: Ruliana Sari
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/21728/1/SAMPUL%202.docx
http://eprints.unm.ac.id/21728/2/SKRIPSI%20ACC%202.docx
http://eprints.unm.ac.id/21728/3/DATA%20HASIL%20PENELITIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/21728/
Daftar Isi:
  • Ruliana Sari. 2012. Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Karikatur Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV SLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Shodiq AM, M.Pd., dan Drs. Mufa’adi M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok penelitian yaitu apakah penggunaan media gambar karikatur dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat Bahasa Indonesia pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB-C YPPLB Makassar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan menyusun kalimat Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar karikatur murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB-C YPPLB Makassar. Penelitian ini adalah peneitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu murid kelas dasar IV di SLB-C YPPLB Makassar tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 5 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap pada kelima subjek penelitian yaitu tes Awal dan tes Akhir. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan tes tulis, sedangkan teknik analis data yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian pada tes awal atau sebelum menggunakan media gambar karikatur dalam menyusun kalimat, kelima murid tunagrahita ringan kelas dasar IV memperoleh nilai kemampuan menyusun kalimat masih di bawah kriteria ketuntasan minimal, yaitu Mn dengan nilai 5,75, As dengan nilai 5,25, Nr dengan nilai 5,5, Kt dengan nilai 5, Dn dengan nilai 4. Untuk tes akhir atau setelah menggunakan media gambar karikatur dalam menyusun kalimat, kelima murid tunagrahita ringan kelas dasar IV memperoleh nilai akhir kemampuan menyusun kalimat di atas kriteria ketuntasan minimal, yaitu Mn dengan nilai 8,25, As dengan nilai 7, Nr dengan nilai 8, Kt dengan nilai 6,5, Dn dengan nilai 6. Hal ini menunjukkan bahwa kelima murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB-C YPPLB Makassar memperoleh nilai yang lebih tinggi pada tes akhir dari pada nilai yang diperoleh pada tes awal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar karikatur dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat Bahasa Indonesia pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB-C YPPLB Makassar.