PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH GAMBAR PERSPEKTIF DALAM UPAYA MENGOPTIMALKAN KESEIMBANGAN DAN SINERGI OTAK KANAN DAN OTAK KIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SENI RUPA

Main Author: Muhammad Rapi, Muhammad Rapi
Format: Proceeding NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2172/1/PROSIDING%20LINTAS%20BUDAYA%20NUSANTARA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2172/2/PEER%20REVIEWER%20PROSIDING%20LINTAS%20BUDAYA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2172/
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar sebagai penunjang mengaktifkan dan memaksimalkan fungsi otak secara keseluruhan agar dapat berfungsi secara optimal dalam memecahkan masalah, melalui mata kuliah gambar perspektif, baik secara individual maupun secara sosial. Untuk mencapai tujuan yang dimaksud, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D), diplihnya metode penelitian dan pengembangan adalah bahwa dengan pengembangan bahan ajar akan menghasilkan suatu produk yang dapat diaplikasikan dalam mengembangkan kedua belahan otak manusia. Di samping itu mahasiswa diberikan latihan menyelesaikan aktivitas bereksperesi melalui sket dan bagan gambar yang membutuhkan kemampuan imajinasi, intuisi, dan kreativitas yang merupakan tugas/peranan otak kanan. Dengan demikian kedua belahan otak (otak kiri dan otak kanan) dapat bekerja secara simultan yang akan melahirkan perkembangan yang seimbang antara kedua belahan otak sehingga dapat bekerja secara obtimal. Target khusus dalam penelitian ini adalah terwujudnya bahan ajar yang memberikan kontribusi nyata dalam mengobtimalkan peranan kedua belahan otak (otak kiri dan otak kanan) mahasiswa program pendidikan Seni rupa melalui penerapan prinsip ilmu perspektif dalam, berkarya seni rupa (menggambar dan melukis). Hasil penelitian yang merupakan tujuan dan target khusus yang telah dikemukakan, adalah; terjadi sinergi keaktifan kedua belahan otak peserta didik dengan menerapkan prinsip ilmu perspektif melalui latihan dan tugas secara intensif dalam menyelesaikan kegiatan menggambar konstruksi perspektif yang membutuhkan kemampuan menganalisis, menghitung dalam mewujudkan gambar, yang dalam hal ini merupakan fungsi atau peranan otak kiri. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dan pembahasan, dari penerapan bahan ajar gambar perspektif hasil penelitian dan pengembangan (R & D) menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan (R & D) memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengembangkan kedua belahan otak mahasiswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikimya (rasio) dan kemampuan berperilaku/atau bersikap (emosi) yang baik melalui aktivitas berkarya gambar perspektif. Kata Kunci: Perspektif, Obtimalisasi, Belahan Otak