Peningkatan Kualitas Pendidikan Seni melalui Pengembangan Kurikulum Pendidikan Seni Berbasis Kompetensi di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)
Main Author: | Muhammad Rapi, Muhammad Rapi |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Seni, Drama Tari dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semaran
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/2168/1/JURNAL%20HARMONIA%20VOL.VIII%20NO.1%2C%20JAN-APRIL%202007.pdf http://eprints.unm.ac.id/2168/2/PEER%20REVIEWER%20JURNAL%20HARMONIA.pdf http://eprints.unm.ac.id/2168/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Pendidikan seni khususnya Pendidikan Tinggi Seni, diharapkan dapat menjadi wadah pengkajian, pengembangan dan pelestarian seni Indonesia secara berimbang dan terus-menerus, baik dalam tataran praktis maupun epistomologi. Pendidikan Tinggi Seni memiliki peluang sangat strategis untuk menyiapkan individu-individu yang kreatif dan inovatif jika dirancang dan dilaksanakan berdasarkan pendekatan akademik yang menoleransi lingkungan belajar yang fleksibel, proses pembelajaran yang unik, serta aktivitas dan metode instruksional yang sahih. Perialanan panjang pendidikin tinggi seni di Indonesia- sejauh ini menunjukkan bahwa pemenuhan fungsi edukasional dan kultural oleh pendidikan tinggi masih beJum optimal. Sementara itu perubahan sosial yang telah terjadi membawa pengaruh yang tidak terhindarkan, baik bagi kehidupan pada umumnya maupun bagi dunia seni itu sendiri, dalam berbagai aspek seperti : makna, proses kreatif, cita rasa, konsep, komunikasi, fungsi dan lain sebagainya. Dalam kondisi tersebut, hasil pendidikan seni belum dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dan belum mampu meningkatkan daya saing bangsa lndonesia. Kata kunci: paradigma baru, kurikulum, dan pendidikan seni.