PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB YPP BAJENG RAYA KABUPATEN GOWA
Daftar Isi:
- Hawaidah 2012. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV Di SLB YPP Bajeng Raya. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si dan Drs. Nahrawi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada peningkatan hasil belajar IPA setelah penggunaan metode eksperimen pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah penggunaan metode eksperimen pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan satu peubah, yakni metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Populasi penelitian sebanyak 3 orang murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan teknik analisis data analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPA murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya sebelum penggunaan metode eksperimen berada dalam kategori tidak tuntas. 2) Hasil belajar IPA murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya sebelum penggunaan metode eksperimen berada dalam kategori tuntas. 3) Ada peningkatan hasil belajar IPA murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya sesudah diterapkan metode eksperimen, berarti bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya.