ANALISIS KEMAMPUAN MERAWAT DIRI MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB MAKASSAR
Main Author: | Yusmianti |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/21658/1/Skripsi%20Yusmianti%20%28PLB%2006%29.docx http://eprints.unm.ac.id/21658/ |
Daftar Isi:
- Yusmianti. 2011. Analisis Kemampuan Merawat Diri Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd., dan Drs. M. Shodiq AM, M. Pd., Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang analisis kemampuan merawat diri murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Fokus masalah adalah Bagaimanakah kemampuan merawat diri murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan menggosok gigi, makan dengan tangan dan memakai baju sekolah murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang mengarah pada penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: kemampuan merawat diri murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar pada aspek: menggosok gigi, dari ke lima pengamat yaitu guru kelas dasar III, guru BK, guru kelas, orang tua dan peneliti semua memilih sesuai terdapat sembilan aspek dari empat belas aspek yang ada kemudian satu di antara lima pengamat lain memilih cukup sesuai terdapat lima aspek dari empat belas aspek yang ada. Makan dengan tangan, dari ke lima pegamat semua memilih sesuai dari delapan aspek yang ada dengan baik dan benar. Memakai baju sekolah, dari ke lima pengamat semua memilih sesuai terdapat delapan aspek dari sembilan aspek yang ada kemudian satu di antara ke lima pengamat lain memilih cukup sesuai terdapat satu aspek dari sembilan aspek yang ada.